Rabu, 13 Oktober 2010

Shine : Urban Sport Parkour

Buat sobat SL's yang suka tantangan dan selalu dinamis, gak ada salahnya kalo kalian coba tantangan yang satu ini, parkour.

Parkour atau biasa disingkat PK atau l'art du déplacement (seni gerak) adalah salah satu aktivitas gerak yang bertujuan untuk pindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan efektif, efisien dan cepat dengan menggunakan prinsip kemampuan manusia.

Parkour sendiri berasal dari parcours du combatant, yang artinya adalah pelatihan halang rintang untuk sesi militer. Sedangkan untuk atlet atau praktisi parkour, dikenal sebagai Traceur (cepat, membuat cepat, to trace/to go fast) dan Traceuse untuk perempuan.

"The Birth of Parkour"

Parkour ini sendiri dikenalkan kepada seluruh dunia oleh David Belle, seorang keturunan Prancis, yang hidup ditengah-tengah keluarga pemadam kebakaran. Karena motivasi dan dukungan dari ayahnya, Raymond Belle, setiap pulang sekolah David Belle selalu berlatih sendiri dengan mengembangkan skenario bagaimana ia bisa menghindari situasi-situasi yang berbahaya. Menurutnya, ketika martial art (seni bela diri) bisa menjadi self-defense ketika fight (bertarung), maka parkour bisa menjadi self-defense untuk flight (kabur).

Dari kota Lisses di Prancis, David Belle bersama teman-teman sepermainannya, yang tertarik dengan kegiatan David Belle termasuk Sebastian Foucan, akhirnya mengembangkan grup parkour yang dikenal dengan nama Yamakasi.

Namun, seiring perjalanannya karena perbedaan prinsip, akhirnya David Belle dan Sebastian Foucan berpisah. David tetap percaya bahwa parkour haruslah berdasarkan pada filosofi melewati rintangan dengan efektif dan efisien. Sementara Sebastian memilih untuk menambahkan unsur-unsur indah pada parkour untuk menarik perhatian banyak orang, seperti flip, salto, dsb sehingga menjadi Freerunning. Karena unsur-unsur penambahan itulah, yang membuat David berpikir bahwa itu tidak ada kaitannya dengan keefektifan parkour. Selain itu, melakukan aksi dengan tujuan untuk menarik perhatian orang lain itu akan membuat aksi yang dilakukan bukan karena kemauan diri sendiri, hal ini yang menurut David juga, bertentangan dengan filosofis parkour.

"Philosophy and Morale of Parkour"

Sobat SL's, ternyata olahraga ini mempunyai filosofi dan nilai moral yang berguna bagi kehidupan kita. Definisi parkour secara general adalah seni berpindah tempat dengan cepat. Oleh karena itu, kita akan diajarkan untuk menghadapi segala macam bentuk tantangan atau rintangan dengan segala kekuatan yang kita punya. Selain itu, olahraga ini mengajarkan kita untuk selalu berpikir positif dan melawan rasa takut, gimana enggak? Kita akan menghadapi berbagai macam rintangan dalam satu jalur (baik itu dalam lingkungan perkotaan atau lingkungan alam) dan kita harus berusaha melewati itu semua dengan cepat, efektif dan efisien.

Beberapa makna yang bisa kita ambil ketika kita bergelut di olahraga ini adalah :
  • Berlatih melewati semua masalah dalam kehidupan (yang dilatih melalui hambatan dalam track).
  • Battle against your fear!
  • Rise up from your fall :)
  • Flexibility, creativity, and freedom.
"Parkour in Indonesia"

Parkour di Indonesia sendiri sudah populer kok, kalo sobat SL's mau tau lebih banyak mengenai parkour lebih dalam coba aja kunjungin website http://www.parkourindonesia.web.id/ . Di sini kalian bisa lebih mengenal dan mungkin akan lebih bersemangat lagi dalam menjalani Parkour sebagai hobi, karena udah banyak juga orang-orang yang tergabung dalam komunitas parkour di Indonesia. Beberapa event juga udah diadakan oleh komunitas ini, dan dalam event-event tertentu, pentolan-pentolan parkour dunia juga ikut mejeng kok.

Penasaran?? Coba jelajahi parkour dengan jiwa bebas lo! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar