Senin, 25 Oktober 2010

Shine : Urban Sport Capoeira

Buat sobat SL's yang udah pernah maen game "Tekken"  mungkin udah gak asing lagi sama yang namanya capoeira. Yaps, secara di game itu ada karakter yang bernama "Eddie" yang karakter beladirinya adalah capoeira. Berbeda dengan tokoh lain yang ada dalam Tekken seperti Hwoarang yang berbasis Tae Kwon Do, kemudian Law dengan kungfunya, Eddie terlihat seperti menari tapi sekaligus sebagai senjata untuk menyerang lawan. Yaa karena memang begitulah Capoeira itu, memadukan gerakan tarian dengan bela diri.





"Birth of Capoeira"


Capoeira adalah seni bela diri yang menggabungkan tarian dengan gerakan bela diri yang didominasi oleh tendangan. Capoeira awalnya dikembangkan oleh budak Afrika yang dibawa ke Brazil untuk bekerja di perkebunan-perkebunan besar pada tahun 1500-an. Biasanya pertarungan capoeira diiringi oleh musik yang disebut Jogo dan beberapa alat musik tradisional pendukung lainnya. Pada fase awal perkembangannya, latihan capoeira disembunyikan dengan cara pengadaan pesta di tempat tinggal budak-budak tersebut. Latihan ini sangat berguna bagi mereka, karena ketika seorang budak melarikan diri kemudian dikejar oleh tuannya, maka bela diri ini bisa menjadi senjata sekaligus tameng untuk melawan tuannya tersebut. Pertarungan ini biasa terjadi di dalam hutan yang lapang yang dalam bahasa tupi-guarani (salah satu bahasa pribumi Brazil) disebut caá-puêra. Beberapa ahli sejarah mengatakan bahwa ini adalah sebab-musabab dinamakannya capoeira. Sejak saat itu capoeira terus mengalami sejarah panjang yang sulit hingga akhirnya bisa menjadi seni bela diri yang global.


"Capoeira in Indonesia"


Capoeira mulai dikenal di Indonesia pada tahun 90-an ketika capoeiristas (sebutan untuk para pecinta capoeira) memperlihatkan seni bela diri tersebut kepada warga lokal pada saat berkunjung ke Indonesia. Sejak saat itu beberapa warga lokal Indonesia tertarik dengan capoeira dan mulai mengembangkannya dengan melihat artikel-artikel dari internet, video-video dan dokumen-dokumen lainnya.
Salah satu pembius seni bela diri ini ke masyarakat lokal adalah melalui film "Only the Strong"(1993). Dengan pemeran utama Mark Dacascos, film ini membuat beberapa pemuda terkesan dan meniru-niru gerakan dari Mark Dacascos. Karena motivasi ingin tahulah yang membuat beberapa orang mencari tahu tentang olahraga eksotis dari Brazil ini. Sampai-sampai, pada acara kumpul sore-sore beberapa orang nekat mempertontonkan Capoeira dengan gerakan yang ngawur.
Ketertarikan kaum muda terhadap Capoeira inilah yang membuat Paul Andrew Stevens, seorang berkebangsaan AS kelahiran Jakarta, berminat untuk mengajarkan ilmu Capoeira di Indonesia dengan berbekal ilmu dari salah satu institusi pelatihan Capoeira di Australia. Meskipun tidak belajar dari negeri asal Capoeira langsung, Andrew, panggilan akrabnya, mendapat lisensi sebagai instruktur Capoeira dari Grupo Bahia di Australia.
Andrew mengatakan bahwa ada banyak manfaat dari belajar Capoeira, diantaranya :

  • mengenali arti kehidupan
  • disiplin
  • pandai bergaul
  • mengajarkan untuk berpikir kritis dan strategis dalam menganalisa keadaan.
  • Ketenangan pikiran
  • membentuk kekuatan dan ketahanan tubuh, dll.
Capoiera Internasional Indonesia yang didirikan oleh Andrew pada tanggal 16 Juni 2003 membuka penerimaan anggota baru. Andrew berkata bahwa tidak ada syarat khusus menjadi anggota CII, yang penting hanya datang dan enjoy. Ia juga menambahkan, jika ada seseorang yang ingin menjadi master Capoeira, maka dia harus melewati 20 tingkatan capoeira. Semakin tinggi tingkatannya semakin menantang latihan serta ujiannya.
Tidak hanya itu, bagi sobat SL's yang tertarik menjadi anggota CII, maka dia akan mendapatkan keuntungan seperti:
  • Program International Overseas Training bagi sobat SL's yang ingin melanjutkan dan mendalami kemampuan Capoeira.
  • Mendapat international recognition melalui International Scholarship Programs Visa Sponsors
  • Belajar kebudayaan Brazil lainnya seperti : Samba, Maculele, Afro-Brazil, Batucada, dll.
Jika sobat SL's ada yang berminat untuk belajar Capoeira, bisa menghubungi institusi berikut :

Capoeira International Indonesia (pusat):
Cilandak Sport Centre (Cilandak Town Square), Jln. TB Simatupang, Lebak Bulus.

Info lengkap, hubungi Andrew, telp. 08159392510, (021) 7655552 atau e-mail ke capoeira_course@teacher.com



atau ingin mencari tempat pelatihan Capoeira di area sobat SL's??
Bisa langsung klik


http://www.capoeirista.com/schools.php?country=Indonesia


Oke, tunggu apa lagi? Kembangkan potensi sobat SL's sekarang juga! Mungkin nantinya Sobat SL's akan menjadi Master Capoeira seperti Eddie dalam game Tekken?? Who knows?? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar