Jumat, 22 Oktober 2010

Lily : Kuliner Indonesia "How to Make a Bakso"

Kuliner yang satu ini bukan hal yang asing lagi dan sepertinya sobat SL's juga banyak yang pernah mencoba. 


Bakso adalah makanan yang terbuat dari daging yang dilumatkan, dicampur dengan bahan - bahan lainnya terus dibuat jadi bulatan bulatan dan biasanya direbus. 
tapi seiring dengan perkembangan zaman, bentuk bakso sekarang bukan cuma bulatan aja, ada yang kotak, yang gepeng, yang didalam buah juga ada. Terus bukan cuma direbus, tapi ada juga bakso yang dibakar,bakso yang digoreng, oia ga lupa kuahnya juga, yang bikin bakso ini tambah menggugah selera. Karena rasanya yang memang menggugah selera ini, ga heran bakso jadi makanan favorit banyak orang, sampe ada yang bilang "i'm meatball addict" hebat ga tuh si bakso?


Terus kalo ada yang tanya gimana caranya kalo mau makan bakso?
Tukang bakso sekarang ada dimana - mana, mau yang digerobak terus didorong - dorong sama abangnya, terus tinggal panggil "bang bakso" atau mau yang kita samperin langsung ketempat makannya juga ada, semua sesuai selera kita, mau bakso yang gimana.


tapi kalo emang mau bikin
di bawah ini ada resep yang ga susahnya :

Bahan :
·300 gr daging sapi segar,
·1 sdt garam
·2 siung bawang putih, cincang halus,
·merica bubuk secukupnya,
·1-2 sdm tepung kanji,
·1 putih telur



Cara membuat :
  1. Cincang atau giling daging sampai halus, uleni daging dengan es batu (10 – 15%  dari berat daging),  campur bersama garam, aduk
  2. Uleni sampai adonan lembut dan bisa dipulung (kurang lebih 30 menit). Lalu masukkan bawang putih dan merica
  3. Setelah adonan rata, masukkan tepung kanji dan putih telur, aduk sampai tercampur
  4. Bentuk adonan menjadi bulatan menggunakan 2 sendok. Rebus dalam air mendidih hingga bakso mengapung, angkat, tiriskan
gampang kan?
Terus, kalo mau bikin bakso ayam atau bakso ikan, tinggal diganti aja daging sapi segarnya tadi sama ayam atau ikan sesuai selera.
selamat mencoba :) (LC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar