Selasa, 02 November 2010

Lily : All About Sleep

Ada yang masih asing sama kegiatan satu ini? Rutinitas yang menjadi kebiasaan sehari – hari dan salah satu yang penting bagi kesehatan. Bahkan mungkin, banyak sobat SL’s yang menyebutkan bahwa tidur adalah hobinya
Kalo kita tanya om google tentang definisi tidur itu sendiri, pasti yang keluar banyak banget. Tapi yang pasti, tidur adalah keadaan istirahat alami, dimana semua makhluk hidup pada fase ini mengistirhatkan tubuhnya. tetapi seiring berkembangnya zaman, banyak yang tidak mengatur tidurnya dengan alsaan sibuk pekerjaan. Padahal, manfaat dari tidur itu sendiri sangatlah banyak bagi kesehatan.


Manfaat tidur 


Kulit jadi lebih cerah 
Perbaikan sel-sel kulit juga berlangsung di malam hari.Kurang tidur hanya semalam dapat mengganggu kemampuan kulit mempertahankan kelembaban dan melindungi kulit terhadap sinar matahari dan polusi pada keesokan harinya.


Mata lebih cerah 
jika kelopak mata tidak terpejam cukup lama maka hal ini akan meyebabkan mata kering dan iritasi, karenanya, jika kita kurang tidur, maka mata menjadi tampak merah.


Menambah penglihatan dan konsentrasi
karena saat tidur semua kondisi badan kita beristirahat dengan maksimal karenanya, ketika kita bangun dari tidur, akan terasa lebih segar, dan mengembalikan konsentrasi yang hampir hilang, ketika kita mulai lelah.


banyak lagi manfaat tidur lainnya, yang tidak bisa disebut satu satu disini, 
Beberapa kerugian, akibat kurang tidur :


Kecelakaan
beberapa penelitian menunjukkan,bila kita kurang tidur atau memiliki kualitas tidur yang rendah, maka hal itu dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera saat bekerjahal ini juga Karen, tubuh akan merasa lelah ketika, kita kekurangan tidur. Hal iniyang  menjadi pemicu utama muculnya kecelakaan

Konsentrasi menurun
Tidur yang baik memainkan peran penting dalam berpikir dan belajar. Kurang tidur dapat memengaruhi banyak hal.diantaranya adalah mengganggu kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Hal ini membuat belajar menjadi sulit dan tidak efisien. Selain itu, siklus tidur pada malam hari berperan dalam "menguatkan" memori dalam pikiran. Jika tidak cukup tidur, maka kita tidak akan mampu mengingat apa yang Anda pelajari dan alami selama seharian.

Masalah kesehatan serius
Gangguan tidur dan kurang tidur tahap kronis dapat membawa pada risiko:
* Penyakit jantung
* Serangan jantung
* Gagal jantung
* Detak jantung tidak teratur
* Tekanan darah tinggi
* Stroke
* Diabetes
 
Menurut beberapa penelitian, 90 persen penderita insomnia—gangguan tidur yang ditandai dengan sulit tidur dan tetap terjaga sepanjang malam—juga mengalami risiko kesehatan serupa. 

Menyebabkan depresi
Dalam studi tahun 1997, peneliti dari Universitas Pennsylvania melaporkan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam per hari selama tujuh hari menyebabkan stres, marah, sedih, dan kelelahan mental. Selain itu, kurang tidur dan gangguan tidur dapat menyebabkan gejala depresi.
 
Memengaruhi kesehatan kulit
Kebanyakan orang mengalami kulit pucat dan mata bengkak setelah beberapa malam kurang tidur. Keadaan tersebut benar karena kurang tidur yang kronis dapat mengakibatkan kulit kusam, garis-garis halus pada wajah, dan lingkaran hitam di bawah mata.
  
Pelupa
Tidak ingin lupa dengan kenangan terbaik dalam hidup Anda? Cobalah perbanyak tidur. Pada tahun 2009, peneliti dari Amerika dan Perancis menemukan bahwa peristiwa otak yang disebutsharp wave ripples bertanggung jawab menguatkan memori pada otak. Peristiwa ini juga mentransfer informasi dari hipokampus ke neokorteks di otak, tempat kenangan jangka panjang disimpan. Sharp wave ripples kebanyakan terjadi pada saat tidur.

Tubuh jadi "melar"
Kurang tidur berhubungan dengan peningkatan rasa lapar dan nafsu makan, dan kemungkinan bisa menjadi obesitas. Menurut sebuah studi tahun 2004, hampir 30 persen dari orang-orang yang tidur kurang dari enam jam sehari cenderung menjadi lebih gemuk daripada mereka yang tidur tujuh sampai sembilan jam sehari.
  


Tips Tidur Cerdas

Tidur tidak perlu lama, yang penting berkualitas. Begitu nasihat ahli konsultasi tentang tidur dari Inggris, Dr Nerina Ramlakan. Menurut dia, tidur cerdas sangat penting untuk menyegarkan tubuh. Beberapa hal yang perlu diperhatikan utnuk bias tidur cerdas:

Diet

Sebaiknya tidak makan menjelang tidur malam. lebih baik mengutamakan sarapan pagi dibanding makan di malam hari. Makan pada kondisi yang tepat akan membantu tubuh untuk menciptakan metabolisme yang sempurna. Yang harus dipastikan menjelang tidur adalah kondisi tubuh cukup mendapatkan suplai makanan, dan tidak berlebihan.

Durasi

Untuk bisa menyegarkan tubuh, tidur tidak harus lama. Mantan perdana menteri Inggris, Margaret Thatcher, juga mantan presiden RI, BJ Habibie, konon hanya memerlukan waktu empat jam untuk memejamkan mata dalam sehari semalam. Tapi pada dasarnya kebutuhan masing-masing orang berbeda. Orang yang secara fisik bekerja lebih keras, boleh jadi memerlukan waktu tidur lebih lama. Yang penting masing-masing orang bisa mengukur kebutuhan waktu tidur sesuai kondisi fisiknya, dan tidak berlebihan.

Pejam Sekejap

Memanfaatkan sedikit waktu di siang hari untuk bisa istirahat sejenak, dinilai, juga akan membantu menyegarkan tubuh. Lelap sejenak di siang hari akan membantu menetralkan kondisi tubuh. Winston Churchill, mantan perdana menteri Inggris, termasuk tokoh yang senang lelap sebentar di siang hari.

Mimpi

Mimpi dalam tidur juga tidak boleh diabaikan untuk tidur cerdas. Mimpi bisa jadi merupakan pancaran memori yang tersimpan dalam otak.Mimpi juga bisa menjadi cermin dari persoalan hidup yang dihadapi seseorang. Dengan mengingat mimpi, orang bisa mendapat alat bantu untuk memecahkan masalahnya.

Lokasi

Tempat untuk tidur juga menjadi faktor yang menentukan. Orang yang tidur dengan tidak sengaja di sembarang tempat akan sulit mendapatkan kesegaran saat bangun. Mereka yang bisa dengan sengaja memilih tempat yang nyaman untuk tidur, akan lebih cerah kondisi fisiknya saat terbangun.

tidur yang sehat itu tidak harus lama, tetapi bagaimana dengan tidur kita, saat kita terbangun badan bisa menjadi fresh kembali. Selain untuk menghindari akibat kurang tidur tadi, tidur juga adalah bagian yang memang belom bisa dihilangkan dari kehidupan kita.
Bagaimana dengan tidur sobat SL’s?


(LC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar