Sabtu, 06 November 2010

Lily : Coklat dan Manfaatnya

Sobat SL's pasti suka dengan makanan yang satu ini, apalagi yang merasa wanita pasti ga pernah nolak dikasih makanan yang ini, selain rasanya yang memang enak, makan coklat mempunya sensasi tersendiri. Ternyata dibalik rasanya yang enak ini, coklat mempunyai banyak manfaat terutama bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam coklat sangat tinggi, dan mempunyai manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita. Makin tinggi kadar coklat dalam sebatang coklat, berarti makin rendah pula kandungan gulanya, dan makin baik efeknya ke tubuh kita


Cokelat mengandung kakao, flavanol, epikatekin dan Fenolik di mana kandungan di dalam cokelat sangat berguna bagi tubuh manusia, tetapi pada kenyataannya banyak belum mengetahui manfaat coklat yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan ini. 


Beberapa manfaat dari coklat diantaranya adalah :

  • Dijadikan sebagai Lulur atau masker ; mengoleskan coklat lumer ke kulit dan memakainya sebagai masker atau lulur bukan lah hal yang aneh lagi saat ini, hal ini karenaantioksidan dan katekin yang ada di dalamnya dapat mencegah penuaan dini, coklat dipercaya bisa melembabkan dan melembutkan kulit. 
  • Cokelat yang mengandung 70 persen kakao murni atau lebih bermanfaat bagi kesehatan bagi jantung, otak, sistem kekebalan, dan mengendalikan stres.
  • Cokelat mengandung antioksidan yang disebut epikatekin. Senyawa antioksidan itu bisa melindungi plak amiloid yang menyebabkan Alzheimer dan penyakit otak lain.
  • Cokelat merupakan salah satu sumber terkaya magnesium, mineral yang penting bagi kesehatan karena bila kekurangan magnesium bisa menyebabkan hipertensi , sakit jantung dan diabetes, selain itu juga coklat dapat mengurangi efek negatif dari pre menstruasi (PMS) pada wanita.
  • Fenolik adalah senyawa antioksidan alami yang terdapat dalam cokelat, Penelitian menyatakan bahwa fenolik meningkatkan sistem kekebalan.
  • Flavanol adalah antioksidan yang terkandung dalam cokelat dengan massa kakao tinggi, Penelitian yang dilakukan bahwa flavanol membantu mencegah aktivasi trombosit dalam darah, yang berkontribusi pada penyakit jantung. Flavanol juga bisa membalikkkan beberapa pembuluh darah yang rusak akibat merokok.
  • Cokelat juga bisa meningkatkan ingatan, jangkauan perhatian, waktu reaksi dan kemampuan memecahkan masalah dengan meningkatkan aliran darah ke otak.
Jenis coklat 
banyak coklat yang beredar dipasaran, dan bermacam jenis harganya dari yang mahal hingga yang murah, di bwah ini disajikan beberapa jenis coklat yang sering beredar dipasaran serta kandungannya:





  • Dark Chocolate

    Dark Chocolate memiliki kandungan biji coklat (kakao) yang paling tinggi yaitu paling sedikit 70% mengandung kakao. Dark chocolate memiliki kandungan kakao atau biji cokelat terbanyak, tanpa banyak gula dan tanpa lemak jenuh atau minyak sayur terhidrogenasi (HVO).
  • White Chocolate

    Sedangkan white chocolate hanya memiliki 33% kandungan coklat atau kakao, sisanya adalah gula, susu dan vanila. Kandungan gula inilah yang dapat memberikan efek negatif, seperti kerusakan gigi dan penyakit diabetes.
  • Milk Chocolate atau Coklat Susu

    Milk chocolate atau coklat susu merupakan campuran kakao dengan susu dan ditambah gula. Coklat jenis ini juga sangat digemari karena rasanya yang nikmat.
Kesalahan yang sering dilakukan pada saat memilih coklat adalah memilih coklat "bermerk" yang murah atau sangat murah. Coklat demikian memiliki kandungan kakao (biji coklat) sedikit yaitu rata-rata kurang dari 20%, bahkan ada yang kurang dari 7%. Coklat jenis ini juga memiliki kandungan gula yang tinggi, kandungan lemak jenuh tinggi dan keburukan lainnya seperti minyak sayur terhidrogenasi (HVO) sehingga mengakibatkan kerusakan gigi dan gangguan kesehatan seperti penyakit diabetes.selain itu yang juga berbahaya dan buruk untuk kesehatan khususnya yang berupa fondant(biasanya digunakan untuk mendekorasi kue) dan praline. Fondant sebenarnya mengandung 100% pemanis dan praline juga sama buruknya dengan fondant.

Jadi sebisa mungkin sobat SL's lebih jeli dalam memilih coklat yang hendak dibeli,hindari coklat yang banyak mengandung gula agar dapat mendapatkan manfaat besar dari coklat.
Jadi, sobat SL's mau coklat yang mana ?:)
(LC)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar